Statistik

Pencarian

RSS
Post Icon

Blok pada Bola Voli


Block/bendungan adalah usaha seorang atau lebih bagi pemain depan untuk membendung bola dari lawan yang dipukul keras. Dalam melakukan gerakan - gerakan block perlu diperhatikan hal – hal sebagai berikut :
a. Sikap permulaan : berdiri dengan kaki sejajar badan menghadap pada jarring. Kedua tangan berada didepan dada. Untu awalan tolakan maka lutut ditekuk agak dalam togok dengan demikian menjadi condong kedepan. Setelah pengambilan posisi ini kemudian diteruskan dengan tolakan-tolakan keatas dengan kedua kaki secara eksplosif dan kuat. Begitu badan secara keseluruhan terangkat keatas maka tangan dijulurkan keatas jari-jari membuka dengan maksud agar kedua tangan merupakan satu bidang yang luas. Lengan dalam keadaan dan condong kedepan.
b. Sikap saat perkenaan : setelah melayang diudara maka pada saat bola dipukul oleh smasher maka segeralah tangan dihadapkan kepada arah datangnya bola selanjutnya diharapkan segeralah pula blocker menguasai bola tersebut. Pada saat perkenaan tangan dengan bola pergelangan tangan digerakan secara eksplosif agar tangan dapat menekan bola dari arah atas depan secara kuat. Jari-jari kedua tangan pada saat perkenaan ditegangkan agar tangan dan jari dalam keadaan cukup kuat untuk menerima tekanan bola yang hebat. Saat perkenaan yang baik ialah bila pada saat sebelum dipukul tangan blocker benar-benar telah dapat mengurung bola.
c. Sikap akhir : setelah bola mengenai tagan maka segera tangan ditarik dan posisi tangan berada pada posisi seperti pada saat persiapan. Selanjutnya mendarat kembali dengan tumpuan dua kaki dan lentuk. Setelah itu segeralah blocker mengambil sikap siap seperti pada saat sikap persiapan.

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

0 komentar:

Posting Komentar